Bisnis  

Erick Thohir Beri Hibah ke 20 Perusahaan Rintisan, Sorot ‘Musim Dingin’ Penanaman Modal


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir membagikan hibah kepada 20 Perusahaan Rintisan pilihan dalam Laga pitching Pikiran Unggul Negeri oleh Yayasan BUMN. Jumlah hibah yang diberikan mencapai Rp150 juta per Perusahaan Rintisan.

Erick mengatakan hibah tersebut dapat menjadi solusi bagi perusahaan rintisan di tengah sulitnya mencari Penanaman Modal. Menurut Erick Penanaman Modal teknologi Di waktu ini tengah memasuki ‘musim dingin’, karena investor menahan diri untuk menyuntikkan modal.

Menurut data yang ia pegang, Penanaman Modal teknologi anjlok Sampai sekarang 65 persen Di waktu ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Di tengah situasi musim dingin Penanaman Modal di teknologi, di mana datanya 65 persen saya dengar turun tidak seperti tahun sebelumnya. Maka, yayasan berikan solusi dengan hibah sebagai bantuan,” kata Erick saat Menyediakan bantuan hibah di Ciputra Artpreuneur, Jakarta, Minggu (25/8), mengutip Detik.

Yayasan BUMN secara ketat memilih 20 finalis dari Laga pitching ide Pikiran Unggul Negeri. Isu utama yang diangkat kali ini ada tiga hal, Dikenal sebagai kesehatan ibu dan anak, kesehatan mental, Sampai sekarang pelestarian lingkungan.

Pada isu pertama, mengenai kesehatan ibu dan anak, Erick menyoroti masalah stunting yang masih jadi momok di Indonesia. Ia mengklaim ada sebuah data yang mengungkap bahwa pada tahun 2020 masih ada 149 juta anak di seluruh dunia masih mengalami malnutrisi, sekitar 6,3 juta di antaranya Merupakan anak Indonesia.

Soal kesehatan mental, Erick memaparkan data mengejutkan soal 61 persen remaja di Indonesia memiliki pemikiran untuk bunuh diri. Hal itu terjadi karena isu kesehatan mental, sekitar 1 dari 3 remaja Indonesia mengalami isu pada kesehatan mentalnya.

“Ini data mengejutkan ada 61 persen remaja di Indonesia mengalami pemikiran untuk bunuh diri. Pada 1 dari 3 remaja mengalami isu mental. Kasus bunuh diri yang realitas hari ini tak banyak yang terdata dan tertulis. Ini isunya yang bikin kaget,” kata Erick.

Sementara itu, pada isu lingkungan, Erick menyoroti penurunan kualitas 25 persen lahan di Indonesia. Hal ini terjadi karena masifnya penggunaan pestisida untuk pertanian.

Bahkan dalam paparannya disebutkan bahwa Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah penggunaan pestisida terbanyak di dunia. Datanya, Erick memaparkan ada sekitar 283 kiloton penggunaan pestisida per tahun di seluruh Indonesia pada 2021.

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA