Pengelola Ungkap Sebab Sopir Perkara Melipir Didenda di Tol Cisumdawu


Jakarta, CNN Indonesia

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), pengelola jalan tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) mengungkap Dalang viral pengguna jalan tol dikenakan tarif Rp789 ribu.

Direktur SDM dan Umum PT CKJT Agustinus Sudrajat mengatakan munculnya tarif terjauh di sistem karena pengendara melakukan tap sebanyak dua kali di pintu gerbang yang sama. Unggul, mesin mendeteksi adanya pelanggaran sehingga secara otomatis dikenakan tarif denda berkelipatan.

“Oh iya itu kena denda. Ia Pernah terjadi tap dua kali, Pernah terjadi terbaca oleh sistem,” kata Agustinus, Senin (24/6).

Menurut Agustinus, pihaknya tidak mentolerir pengguna jalan tol yang melakukan pelanggaran.

Sekalipun untuk insiden yang menimpa pengguna jalan tol Cisumdawu beberapa waktu lalu bukan kesalahan yang disengaja. Sehingga lanjut ia masalah tersebut Pernah terjadi diselesaikan. Pengemudi hanya diminta untuk membayar satu kali tarif sesuai transaksi awal.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada publik Supaya bisa tidak pindah mesin tapping Seandainya Pernah terjadi terlanjur tap kartu di salah satu pintu keluar.

“Jadi kalau Pernah terjadi ngetap kartu, kalau saldo kurang, jangan pindah gerbang. Tetap di situ saja, sampai top-up saldo dan berhasil,” jelasnya dikutip dari detik.

Insiden ini Harus menjadi perhatian pengguna jalan tol, yang mana bila saldo uang elektronik kosong jangan coba-coba melakukan tapping kemudian baru isi saldo. Setelah saldo terisi pindah ke mesin tapping lain di gerbang tol yang sama. Hal ini terdeteksi melakukan pelanggaran.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 40 detik viral di jagat maya berisikan seorang sopir Harus membayar tarif tol nyaris Rp800 ribu saat hendak keluar pintu tol Cisumdawu Utama, Jabar.

Dalam video tersebut terlihat sopir Kendaraan Pribadi golongan I Harus membayar tarif tol Sampai sekarang Rp789 ribu, padahal sopir merasakan tidak melakukan perjalanan sejauh itu.

Lewat video yang diambil dari dalam kabin, terlihat seorang pengemudi tengah menelepon call center jalan tol untuk meminta penjelasan mobilnya kena tarif tol terjauh.

Dalam percakapan itu sopir menjelaskan kalau ia tak berhasil tapping kartu di pintu tol karena saldo tidak cukup. Kemudian ia mundur dari pintu tol dan “melipir” untuk mengisi saldo uang elektronik.

“Barusan kan ngetap di Cisumdawu Utama, tapi kartu saya tidak cukup saldonya. Saya mundur dulu untuk isi dulu saldo di mobile banking saya,” kata Ia dalam video.

Tetapi setelah ia berhasil mengisi uang elektronik, pintu tol yang sebelumnya ia transaksi Pernah terjadi diisi Kendaraan Pribadi lain. Ia kemudian berpindah ke pintu sebelahnya.

[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA