Jakarta, CNN Indonesia —
Perjalanan KA Pandalungan relasi Jakarta-Jember Ke arah Sebanyaknya stasiun tujuan mengalami kelambatan sampai 10 jam lebih akibat anjloknya KA Purwojaya di emplasemen Stasiun Kedunggedeh, Kabupaten Bekasi, Jabar.
“PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas keterlambatan perjalanan KA Pandalungan relasi Stasiun Gambir-Jember yang terjadi akibat adanya gangguan operasional di wilayah Daop 1 Jakarta,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember, Minggu (26/10), dikutip dari Antara.
KA Purwojaya anjlok pada Sabtu (25/10), sekitar pukul 14.14 WIB. Akibatnya jalur hulu (rel sisi kanan) tidak dapat dilewati dan seluruh perjalanan kereta api di lintas tersebut dialihkan menggunakan jalur hilir (rel sisi kiri).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Menurut Cahyo, kondisi tersebut menyebabkan terjadinya antrean perjalanan KA, termasuk KA Pandalungan yang mengalami kelambatan cukup signifikan.
“Perkembangan terbaru bahwa proses evakuasi seluruh rangkaian KA Purwojaya Pernah terjadi selesai seluruhnya pada Minggu ini pukul 04.26 WIB. Setelah dilakukan perbaikan jalur, maka jalur hulu dari kilometer 55+900 Sampai sekarang 56+500 dapat kembali dilalui dengan kecepatan terbatas 10 km/jam,” katanya.
Pada pukul 04.47 WIB, KA Argo Parahyangan relasi Stasiun Gambir-Bandung menjadi kereta pertama yang melintas di jalur hulu (rel sisi kanan) tersebut setelah proses evakuasi dan perbaikan dinyatakan selesai oleh petugas lapangan pagi tadi.
“KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya Gubeng-Jember, posisi berangkat dari Stasiun Pekalongan dengan kelambatan 630 menit, kemudian estimasi tiba di Stasiun Jember pada pukul 19.30 WIB atau terlambat 10 jam 30 menit dari jadwal pukul 09.00 WIB,” kata Cahyo.
Lebih lanjut, Cahyo mengatakan KA Pandalungan relasi Jember-Gambir tetap Berencana menggunakan rangkaian eksisting dari KA Pandalungan yang datang dari Stasiun Gambir. Estimasi keberangkatan dari Stasiun Jember kurang lebih pukul 21.00 WIB atau terlambat lima jam dari jadwal semula pukul 16.00 WIB.
“Seluruh penumpang Berencana mendapatkan kompensasi service recovery sesuai Syarat yang berlaku. Sekalipun, Seandainya penumpang memutuskan untuk tidak berangkat atau tidak melanjutkan perjalanan, maka tiket dapat dibatalkan di loket stasiun online terdekat dengan pengembalian bea 100 persen tanpa potongan,” ujarnya.
Pengembalian dapat dilakukan secara tunai di loket atau melalui transfer ke rekening pelanggan paling lambat 1×24 jam sejak proses pembatalan.
“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan itu. Seluruh penumpang Pernah terjadi diberikan service recovery sesuai Syarat yang berlaku,” katanya.
Cahyo menjelaskan KAI terus berkoordinasi dengan tim di wilayah Daop 1 Jakarta untuk memastikan proses penanganan berjalan Mudah dan Unggul tinggi. Setelah jalur dinyatakan normal, perjalanan KA Berencana kembali berangsur pulih sesuai grafik perjalanan kereta api (Gapeka) yang berlaku.
“Kami memahami situasi itu Tidak mungkin tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang yang Pernah terjadi merencanakan perjalanan mereka. Sekalipun, keselamatan merupakan prioritas utama kami,” ujarnya.
Tiga kereta Daop 4 Semerang batal berangkat
Sementara itu PT KAI (Persero) membatalkan perjalanan tiga kereta jarak jauh dari berbagai stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dengan tujuan Jakarta untuk keberangkatan pada Minggu akibat KA Purwojaya anjlok di Stasiun Kedunggedeh, Kabupaten Bekasi, kemarin.
Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan ketiga KA jarak jauh yang dibatalkan keberangkatannya itu masing-masing KA Argo Merbabu relasi Semarang-Jakarta, KA Tegal Bahari relasi Tegal-Jakarta, dan KA Menoreh relasi Semarang-Jakarta.
Menurut Franoto, KAI memastikan pelayanan tambahan terhadap penumpang yang terdampak perjalanannya. Ditambah lagi, kata Ia, PT KAI Bahkan mengembalikan 100 persen harga tiket KA yang dibatalkan keberangkatannya.
Selain perjalanan tiga KA yang diberangkatkan, lanjut Ia, perjalanan 31 kereta dengan tujuan atau melintas Daop Semarang Bahkan mengalami keterlambatan.
Menurut Ia, KAI berkomitmen untuk meminimalkan keterlambatan dan normalisasi jalur akibat kecelakaan tersebut.
“Informasi melalui WhatsApp kepada penumpang untuk mengetahui apakah menghendaki tetap melanjutkan perjalanan atau membatalkan tiket,” katanya.
(fra/antara/fra)
                    
                                         
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

 
							










