Jakarta, CNN Indonesia —
Keluhan yang kerap dialami saat remaja membuat Anita Hartono mempelajari Tips Memanfaatkan imun tubuh sekaligus menjaga keseimbangan bakteri baik. Ia mendapati, kombucha atau minuman hasil fermentasi teh yang kaya probiotik dan antioksidan memiliki banyak dampak baik bagi tubuh.
Awalnya, Anita mengonsumsi kombucha untuk kesehatan pribadi. Seiring waktu, kebiasaan itu berkembang menjadi inisiatif Usaha dengan merek Mambucha, yang Saat ini Bahkan Pernah terjadi mengantongi sertifikasi BPOM dan Halal Indonesia.
Selama 25 tahun, Anita Dianjurkan mengonsumsi Resep untuk mengatasi masalah pencernaannya. Kemudian pada 2021, seorang teman menyarankan Supaya bisa ia melepaskan ketergantungan Resep dan mencoba kombucha.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
“Awalnya, aku coba-coba, dan ternyata hasilnya sangat berkhasiat, rasanya pun nikmat. Dari tahun itu Bahkan, aku ingin banyak orang Bahkan merasakan manfaat dari Kombucha,” tutur Anita.
Kombucha Merupakan minuman fermentasi tradisional yang Pernah terjadi dikonsumsi sejak lebih dari 2.000 tahun lalu. Terbuat dari larutan teh hijau dan teh hitam yang difermentasi dengan kultur bakteri dan ragi, kombucha mengandung probiotik serta antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan pencernaan.
Bagi Anita, kualitas kombucha yang memberi sejuta manfaat hanya dapat dihasilkan dari proses pembuatan yang dilakukan dengan penuh integritas.
“Setiap botol kombucha yang baik dimulai dari niat untuk menghadirkan kebaikan alami secara konsisten dan bertanggung jawab,” katanya.
Nilai ini yang dipegang teguh Anita dalam menghadirkan setiap produk Mambucha. Berkat konsistensi menjaga kualitas produk, permintaan terus meningkat. Alhasil, kapasitas produksi pun diperluas.
Saat ini Bahkan, usaha Anita didukung lebih dari 40 orang tenaga kerja yang bertugas untuk menangani proses produksi dan distribusi. Adapun kombucha yang diproduksi dalam sebulan mencapai 8 ribu liter yang dikirim ke berbagai kota di Indonesia.
Meski belum dapat mengekspor produk kombucha karena masa simpan yang hanya sekitar satu bulan, Mambucha tidak membatasi diri. Anita Saat ini Bahkan mempersiapkan langkah ekspansi melalui lini skincare alami berbasis fermentasi kombucha, yang dikembangkan khusus untuk menjawab kebutuhan perawatan kulit sensitif, iritasi, Sampai sekarang peradangan.
Ia menargetkan Sebanyaknya negara sebagai tujuan Penjualan Barang ke Luar Negeri, antara lain Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, dan Jepang.
“Pada Di waktu ini memang kami belum bisa Penjualan Barang ke Luar Negeri kombucha karena masa simpannya yang hanya satu bulan. Tapi melalui skincare ini, kami melihat potensi yang lebih besar untuk menembus pasar internasional,” ujar Anita.
Perkembangan Mambucha dari dapur rumah ke rumah produksi sendiri tak lepas dari semangat belajar dan kolaborasi di sepanjang perjalanan Usaha. Dalam fase mencari ruang bertumbuh yang lebih luas, Anita menemukan momentum penting melalui program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) yang digagas oleh BRI.
Melalui program tersebut, selain mendapat ilmu dan mentor yang relevan dengan fase bisnisnya, ia Bahkan berhasil mencatatkan prestasi sebagai pemenang Best of the Best kategori Healthcare/Keseimbangan di tahun 2024 lalu. Dari program ini, Anita mulai mengenal ekosistem pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang berfokus pada peningkatan kompetensi dan perluasan jejaring strategis.
“Saat itu, kondisi Usaha saya masih di usia tiga tahun. Saya ikut PMB bukan karena mengejar hadiah, tapi karena ingin belajar lebih banyak, mencari mentor, dan Memperluas wawasan,” tuturnya.
Salah satu momen yang paling membekas bagi Anita Merupakan sesi mentoring bersama para praktisi Usaha dan investor. Saat itu, ia menyadari bahwa banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, termasuk dirinya, sering kali terjebak pada label ‘kecil’.
“Di PMB, kami didorong untuk bermimpi besar. Bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pun bisa menjadi Usaha yang mengubah dunia,” kenang Anita.
Sejak mengikuti program tersebut, Anita mengakui semakin Kepercayaan Diri untuk membawa Mambucha naik kelas, membangun fondasi Usaha yang lebih kuat, dan membuka peluang lebih besar ke depan.
Pada kesempatan terpisah, Corporate Secretary BRI, Dhanny, mengatakan bahwa BRI terus berkomitmen menjadi mitra pertumbuhan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di seluruh Indonesia, baik melalui pembiayaan maupun beragam program pelatihan, pendampingan, serta perluasan akses pasar lewat expo dan pameran.
“Kami ingin memastikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah seperti Mambucha tidak hanya bertahan, tapi Bahkan berkembang dan bersaing di pasar nasional bahkan global,” pungkas Dhanny.
(rea/rir)
[Gambas:Video CNN]
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA