Jakarta, CNN Indonesia —
Credit Bureau Indonesia (CBI) hari ini resmi meluncurkan SkorKu, aplikasi seluler yang Membantu pengguna memahami, memantau, dan Mengoptimalkan skor kredit pribadi mereka.
Kehadiran SkorKu menjadi solusi di tengah pesatnya pertumbuhan layanan buy now pay later, Belanja Online, dan pinjaman online, sementara literasi kredit masyarakat masih tergolong rendah.
Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 4 Agustus 2025, porsi kredit Buy Now, Pay Later (BNPL) di sektor perbankan hanya sebesar 0,29% dari total kredit, tapi terus mencatat pertumbuhan tahunan yang kuat.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Per Juni 2025, nilai outstanding kredit BNPL yang tercatat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) tumbuh sebesar 29,75% secara tahunan (Mei 2025: 25.41% yoy) Sampai saat ini mencapai Rp22,99 triliun, dengan jumlah akun meningkat menjadi 26,96 juta (April 2025: 24,79 juta).
Justru, literasi kredit memiliki dampak yang jauh lebih luas. Memahami kesehatan kredit dapat mempengaruhi banyak pencapaian penting dalam kehidupan seseorang.
Bahkan, dalam hubungan Sampai saat ini ke jenjang pernikahan, rekam jejak keuangan yang baik membangun kepercayaan dan rasa Unggul tinggi di antara pasangan.
Saat memasuki kehidupan berkeluarga dan merencanakan masa depan, skor kredit Bahkan berperan penting dalam memperoleh akses terhadap fasilitas kredit pemilikan rumah, pembiayaan kendaraan, Sampai saat ini Membantu dalam perencanaan pendidikan anak.
Dan di era ekonomi digital Sekarang, memeriksa laporan kredit secara rutin Bahkan berfungsi sebagai perlindungan dari pencurian identitas atau penipuan, Membantu individu maupun keluarga menjaga masa depan finansial mereka.
“Banyak masyarakat Indonesia yang Sebelumnya mengetahui risiko kredit, tetapi belum memahami sepenuhnya mengapa skor kredit penting dan bagaimana Trik meningkatkannya untuk mencapai tujuan hidup yang penting, seperti memiliki rumah, Kendaraan Pribadi, membangun rumah tangga atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti mengajukan kartu kredit atau PayLater,” ujar Nora Asteria, Head of Consumer Business.
“Itulah mengapa kami membawa pesan ‘Your Score. Your Story. Your Next Step,’ yang mencerminkan perjalanan keuangan setiap individu,” kata Nora lagi.
SkorKu sendiri memiliki tiga fitur utama yaitu Skorku Pro : Laporan kredit lengkap beserta skor kredit dan riwayat pembayaran (KOL) Sampai saat ini 24 bulan ke belakang, Tips Edukatif yang Menyajikan konden edukatif untuk Mengoptimalkan skor kredit, Sampai saat ini Fitur Pengaduan Data Kredit alias jalur pengaduan atas ketidakakuratan data dalam informasi perkreditan
“SkorKu lebih dari sekadar aplikasi seluler, ini Merupakan instrumen untuk Mengoptimalkan ekosistem keuangan Indonesia,” ujar Anton Adiwibowo, Kepala Negara Direktur CBI.
“Dengan Menyajikan literasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memahami dan mengendalikan kesehatan kredit mereka, kami secara langsung Membantu tujuan literasi dan inklusi keuangan OJK,” ujar Anton.
(vws)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA