Bisnis  

Batik Madura Usaha Kecil Menengah Binaan Bank Mandiri Tembus Pasar AS


Jakarta, CNN Indonesia

Dalam semangat menyambut HUT ke-80 Republik Indonesia, Bank Mandiri terus mengakselerasi komitmennya mendorong Peningkatan Ekonomi kerakyatan berupa penguatan ekosistem Usaha Kecil Menengah nasional melalui inisiatif strategis Rumah BUMN (RB), yang Di masa lampau bernama Rumah Kreatif BUMN dan Sudah berjalan sejak 2017.

Corporate Secretary Bank Mandiri, M. Ashidiq Iswara mengatakan, program RB bukan hanya menjawab tantangan pengembangan usaha, tetapi Bahkan menjadi katalis Peningkatan Ekonomi lokal yang terukur dan inklusif.

“RB Pada Saat ini Bahkan Sudah menjadi wadah akselerasi Usaha Kecil Menengah Indonesia Supaya bisa mampu naik kelas dan bersaing secara global. Dengan pendekatan berbasis sinergi, kami terus Memperjelas akses kompetensi, pasar, dan pembiayaan yang dibutuhkan pelaku usaha untuk bertumbuh secara berkelanjutan,” ujar Ossy, sapaan Ashidiq dalam keterangan resminya, Kamis (31/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu cerita Berhasil hadir dari Batik Al Warits, Usaha Kecil Menengah asal Madura yang menjadi binaan RB Surabaya. Mengawali usaha dari skala rumahan sejak 2008, Batik Al Warits memproduksi batik wangi aromatherapy yang Sekarang Sudah menembus pasar Penjualan Barang ke Luar Negeri Australia dan Amerika Serikat.

“Kami tumbuh bersama RB. Selain pelatihan dan akses KUR dari Bank Mandiri, termasuk pendampingan pameran Sampai saat ini berhasil memperoleh pendanaan 6.000 Euro dari PUM Netherlands. Dana tersebut kami gunakan untuk membeli alat rendam batik yang Memanfaatkan efisiensi produksi dan Memanfaatkan pasar yang lebih luas,” ujar pemilik Batik Al Warits, Warisatul Hasanah.



Sampai saat ini pertengahan 2025, Bank Mandiri mengelola 23 RB aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini Sudah menjangkau lebih dari 15 ribu Usaha Kecil Menengah binaan, dengan 1.500 pelatihan terfasilitasi di sepanjang 2024 mencakup literasi digital, keuangan, Sampai saat ini strategi Penjualan Barang ke Luar Negeri.

Sejak 2020, transformasi RB menghadirkan lima peran utama, Disebut juga pusat pengembangan Usaha Kecil Menengah, basecamp millenial, coworking space, posko tanggap bencana, serta literasi dan referral program kemitraan dan KUR.

Lewat pendekatan bertingkat seperti Go Modern, Go Digital, Go Online, Sampai saat ini Go Global, RB diarahkan menjadi katalis Usaha Kecil Menengah Champion di setiap wilayah.

Ossy menilai, sejak diluncurkan sebagai bagian dari program Kementerian BUMN pada 2017, RB Sudah menjadi platform terintegrasi yang dirancang untuk Membantu pertumbuhan usaha kecil di berbagai wilayah.

“Bank Mandiri mengambil peran aktif dalam Membantu transformasi ini dengan pendekatan yang tidak hanya menyentuh aspek finansial, Bertolak belakang dengan Bahkan aspek edukasi, teknologi, dan kolaborasi komunitas,” kata Ossy.

Ke depannya, Bank Mandiri masih Akan segera terus Memperjelas cakupan RB lewat penguatan jaringan kemitraan dan Teknologi Digital layanan. Dengan pemanfaatan teknologi dan data, perusahaan menargetkan peningkatan jumlah Usaha Kecil Menengah naik kelas secara signifikan Sampai saat ini 2027, sejalan dengan roadmap akselerasi ekonomi berkelanjutan yang inklusif.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Exit mobile version