Bisnis  

Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu Takalar Senilai Rp1,83T


Takalar, CNN Indonesia

Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar, Sulsel hari ini (5/7).

Pembangunannya dimulai sejak 2017 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp1,83 triliun. Ini merupakan bendungan ketiga yang diresmikan Jokowi di Sulsel.

“Bendungan Pamukkulu kita ingin mengelola air. Tidak kita biarkan ke sungai, terus ke laut, tapi kita siapkan Bendungan Pamukkulu yang dibangun sejak tahun 2017, berarti Pernah terjadi hampir 7 tahun,” kata Jokowi di Takalar, Jumat (5/7).


Menurutnya, BendunganPamakkulu ini memiliki daya tampung 82 juta meter kubik, dengan luas genangan 460 hektare.

Manfaat bendungan ini, kata Jokowi sangat besar bagi masyarakat Kabupaten Takalar, terutama untuk mengurangi Bencana Banjir. Apalagi, bendungan Bahkan bisa menjadi pembangkit listrik dan pengairan sawah.

“Baik untuk pembangkit tenaga listrik, baik untuk mereduksi atau mengurangi Bencana Banjir. Yang paling menarik untuk irigasi kita, untuk mengairi sawah-sawah yang ada di Takalar dan sekitarnya,” jelasnya.

Sebelum meresmikan Bendungan Pamukkulu, Jokowi Menyajikan bantuan pompa sebanyak 80 unit kepada para petani di Kabupaten Bantaeng. Pemberian pompa ini untuk Mengoptimalkan produktivitas pertanian.

“Air sangat penting sekali. Disebabkan oleh itu, kita tadi pagi bagikan pompa untuk menaikkan air dari sungai ke sawah, Supaya bisa produksi beras kita tidak jatuh, anjlok, karena ada kemungkinan kekeringan panjang,” pungkasnya.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA