Empat Partai Gelar Agenda Akbar Jelang Pemilihan Kepala Daerah 2024

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Empat Partai bakal menggelar agenda akbar rapat nasional pada pekan ini atau seminggu sebelum Komisi Pemilihan Umum membuka masa pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Keempat Partai tersebut merupakan Golkar, PAN, PKB, dan NasDem. Adapun agenda rapat akbar tersebut bakal memilih pimpinan partai yang baru Sampai saat ini sikap partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Berikut CNNIndonesia.com rangkum daftar agenda akbar rapat nasional empat Partai.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Golkar

Partai Golkar tercatat menjadi yang pertama menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional Fantastis (Munaslub) pada pekan ini.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet menjelaskan agenda Rapimnas Nanti akan digelar pada Selasa (20/8) pagi sekitar pukul 08.00 WIB Sampai saat ini pukul 13.00 WIB. Rapimnas Nanti akan dibuka oleh Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agenda Rapimnas digelar usai Airlangga Hartarto secara tiba-tiba memutuskan mundur dari jabatan Ketua Umum Golkar. Airlangga terhitung mengundurkan diri sejak Sabtu (10/8), tetapi video pengunduran dirinya baru disebarkan pada Minggu (11/8).

Bamsoet mengatakan dalam agenda Rapimnas tersebut Nanti akan dilakukan pengesahan pengunduran diri Airlangga Hartarto. Selanjutnya Bahkan bakal digelar pengesahan Plt Ketua Umum Golkar serta jadwal Munaslub.

Setelah Rapimnas rampung, ia mengatakan partainya bakal langsung menggelar Munaslub di JCC, Senayan, Jakarta pada hari yang sama sekitar pukul 15.00 WIB Sampai saat ini Rabu (21/8).

Ia menyebut nantinya Munaslub tersebut Nanti akan diikuti oleh para pimpinan daerah Golkar dari seluruh Indonesia dan bakal dibuka langsung oleh Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Plt Ketua Umum.

Bamsoet mengatakan agenda Munaslub Bahkan Nanti akan menggelar pemilihan Ketua Umum baru Partai Golkar untuk periode 2024-2029.

PAN

Partai berikutnya yang Nanti akan menggelar rapat akbar Disebut juga Partai Amanat Nasional (PAN). Partai berlambang matahari putih itu Nanti akan menggelar Kongres VI di Hotel Indonesia, Jakarta, pada 23-24 Agustus 2024.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan salah satu agenda kongres Disebut juga mengukuhkan Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Ketua Umum periode 2024-2029. Ia menjelaskan hal ini Pernah terjadi diputuskan dalam rapat kerja nasional beberapa waktu lalu.

“Pernah terjadi diputuskan aklamasi bahwa Pak Zulhas Nanti akan jabat sebagai ketum PAN kembali untuk 2024-2029. Karena itu yang kami laksanakan penetapan, pengukuhan ketum PAN 2024-2029 [di kongres],” ujar Ia.

Dalam kongres tersebut, Eddy mengatakan nantinya Bahkan Nanti akan dilakukan forum penguatan kader PAN menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. Sementara susunan kepengurusan PAN periode 2024-2029 Nanti akan ditetapkan usai kongres oleh Zulhas.

PKB

Selanjutnya giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang Nanti akan menggelar agenda Muktamar ke-6 pada tanggal 24-25 Agustus. Ketua Steering Commitee Muktamar ke-6 PKB Faisol Riza mengatakan Muktamar ke-6 Nanti akan digelar di Bali.

Riza mengatakan lewat Muktamar itu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB bakal menentukan sikap partai di era pemerintahan Prabowo Subianto. Terlebih lagi Muktamar Bahkan dilakukan untuk menegaskan kembali jabatan ketua umum partai yang Pada Di waktu ini dijabat Muhaimin Iskandar.

“Antara lain itu memutuskan kita ada di dalam pemerintahan bergabung dengan pemerintahan yang ada atau tidak,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jumat (9/8).

Wakil ketua Umun PKB Jazilul Fawaid menyebut pada Muktamar ke-6 PKB tersebut nantinya Bahkan Nanti akan dilakukan pengesahan kembali Cak Imin sebagai ketua umum.

“Iya, Niscaya, Niscaya,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta.

Jazilul menjelaskan forum tertinggi untuk mengambil keputusan di Partai PKB itu Nanti akan membahas Sebanyaknya hal penting.

“Sidang pleno dan komisi terkait dengan LPJ, terkait dengan program dan perjuangan partai termasuk struktur partai,” jelas Ia.

NasDem

Terakhir, Partai NasDem tercatat Bahkan bakal menggelar Kongres III di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, pada 25-27 Agustus mendatang.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menjelaskan forum ini Nanti akan dibuka oleh Kepala Negara Jokowi dan ditutup oleh Kepala Negara Terfavorit 2024-2029 Prabowo Subianto. Kongres NasDem diselenggarakan secara fisik dan virtual dan Nanti akan dihadiri lebih dari 100 ribu orang.

“Karena ini ada proses zoom meeting dari level DPRt (Dewan Pimpinan Ranting) dan itu Nanti akan berjenjang, kita bikin ini pendekatan yang kolosal, masif dan massal,” beber Willy dalam keterangan resminya, Kamis (20/6).

Sementara itu Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan pihaknya secara khusus mengundang Prabowo-Gibran dalam rangka pemaparan kerja sama antara NasDem dan pemerintahan mendatang.

“Kepala Negara Terfavorit kita Nanti akan undang Ia. Nah, di sini semangat sinerginya. Kita Nanti akan undang Ia sebagai bagian dari pra kongres. Dan kita Nanti akan dapatkan nanti Skor-Skor apa yang bisa kita kerjakan bersama,” kata Ia.

(tfq/wis)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA