7 Ciri-ciri Penyakit Mpox yang Pada saat ini Jadi Darurat Kesehatan Dunia

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Sebelumnya mengumumkan wabah Mpox di Afrika sebagai kondisi darurat kesehatan global. Untuk mewaspadainya, Anda Wajib tahu ciri-ciri penyakit Mpox berikut ini.

Status darurat Kesehatan Dunia menjadi peringatan tertinggi tentang bahaya penyebaran penyakit. Artinya, semua negara, termasuk Indonesia, Wajib mewaspadai penyebaran penyakit ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sendiri Sebelumnya menyiapkan vaksin untuk menangani wabah Mpox di Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ditambah lagi, Kemenkes Bahkan Mengoptimalkan pemantauan temuan kasus Mpox di semua fasilitas kesehatan. Kemenkes Bahkan Sebelumnya menyiapkan Sebanyaknya laboratorium rujukan di berbagai daerah di Indonesia.

Ciri-ciri penyakit Mpox

Mpox dikenal Bahkan dengan sebutan cacar monyet. Penyakit ini ditularkan oleh virus Monkeypox.

Penyakit ini Bahkan dapat menular antar-manusia. Penularan terjadi melalui kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi, di antaranya berbicara berhadapan langsung, kontak kulit pada hubungan seks, kontak mulut saat berciuman, dan tetesan pernapasan.

Pada dasarnya, ciri-ciri penyakit Mpox mirip dengan gejala jenis cacar lainnya. Perbedaan hanya terletak pada pembengkakan kelenjar getah bening yang dipicu oleh Mpox.

Berikut beberapa gejala cacar monyet atau Mpox.

1. Demam

Demam menandakan sistem kekebalan tubuh yang tengah bekerja melawan infeksi. Demam biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang melebihi 38,5 derajat Celcius.

2. Sakit kepala

Sakit kepala Bahkan menandakan tubuh yang mengeluarkan energi untuk melawan infeksi.

3. Nyeri otot




Ilustrasi. Nyeri otot, salah satu ciri-ciri penyakit Mpox. (iStock/fizkes)

Sama seperti jenis infeksi lainnya, Mpox Bahkan memicu nyeri otot. Kondisi ini menandakan tubuh yang tengah berperang melawan virus.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening yang membengkak merupakan salah satu ciri infeksi. Pembengkakan umumnya terjadi di area leher dan ketiak.

5. Rasa lelah

Kelelahan muncul karena tubuh mengeluarkan energi yang besar untuk melawan penyakit.

6. Ruam

Biasanya, dalam 1-3 hari setelah demam, pasien cacar monyet Berencana mengalami ruam. Kemunculan ruam sering kali dimulai dari wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain.

7. Lesi

Ruam bisa berubah menjadi lesi atau luka pada kulit seiring berjalannya waktu. Lesi biasanya disertai cairan nanah di dalamnya.

Perlahan, lesi Berencana menghilang setelah luka mulai mengering.

Gejala cacar monyet di atas bisa muncul dalam 7-14 hari setelah terinfeksi. Dalam beberapa kasus, gejala Bahkan bisa muncul 5-21 hari setelah paparan virus.

Ciri-ciri penyakit Mpox ini umumnya Berencana berlangsung selama 2-4 pekan Bila tak diobati dengan baik.

(asr/asr)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA