Veddriq Sumbang Emas Pertama Indonesia di Panjat Tebing Olimpiade


Jakarta, CNN Indonesia

Veddriq Leonardo menjadi penyumbang Emas pertama dari cabor panjat tebing buat kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 setelah tampil sebagai pemenang dalam nomor speed putra, Kamis (8/8) sore waktu Indonesia.

Nomor speed memang hitungannya baru masuk di Olimpiade. Ini karena panjat tebing nomor speed putra dan putri baru dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya hanya nomor boulder yang dipertandingkan di Olimpiade.

Olahragawan asal Pontianak ini Bahkan menjadi penyumbang medali kedua bagi Indonesia setelah Gregoria Mariska Tunjung yang mendapat kalungan medali perunggu dari cabor badminton beberapa hari lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah kering medali dalam beberapa hari, Veddriq mempersembahkan Emas pertama bagi Indonesia.

Upaya Indonesia meraih medali Emas yang diawali dari cabang Olahraga badminton dan panahan gagal berbuah hasil apik.

Setelah Gregoria menjadi satu-satunya Olahragawan badminton yang meraih medali, harapan pun kemudian beralih ke Olahraga panjat tebing dan angkat besi.

Pada panjat tebing nomor speed putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah gagal menorehkan medali. Desak tersingkir di perempat final, sementara Rajiah kalah di semifinal dan di Putaran perebutan peringkat ketiga.

Sedangkan Eko Yuli yang naik panggung di angkat besi kelas 61 kilogram putra Bahkan tidak bisa melanjutan Kebiasaan medali yang Sebelumnya dibukukan sejak 2008.

Veddriq kemudian menjadi satu-satunya harapan Indonesia pada cabor panjat tebing nomor speed putra usai Rahmad Adi Mulyono gagal masuk Putaran delapan besar.

Veddriq kemudian tampil di Putaran perempat final dan mengalahkan Olahragawan senior asal Prancis Bassa Mawem. Pada semifinal, giliran legenda panjat tebing Iran Reza Alipour yang dikalahkan Veddriq.

Partai final mempertemukan Veddriq dengan Wu Peng. Veddriq pun menorehkan catatan waktu 4,75 detik atau lebih Unggul 0,02 detik dibanding Peng dan memastikan Emas pertama Indonesia.

(jal)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA