Cerita di Balik Gedung Mangkrak Tertinggi di Dunia, Digosipkan Angker


Jakarta, CNN Indonesia

Gedung Goldin Finance 117 di Tianjin, China jadi gedung mangkrak tertinggi di dunia. Gedung pencakar langit ini dibiarkan tak berpenghuni selama lebih dari satu dekade.

Mengutip UNILAD, saat dibangun pada tahun 2008 lalu, gedung ini tercatat sebagai gedung tertinggi kelima di dunia. Sekalipun demikian Sampai sekarang Saat ini Bahkan, nasibnya tak kunjung jelas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gedung ini dikenal Bahkan dengan sebutan ‘The Walking Stick’ karena bentuknya yang lancip menjulang ke atas.

Gedung ini memiliki ketinggian 1.957 kaki atau sekitar 596,5 meter, nyaris mencapai 600 meter. Gedung memiliki 128 lantai di dalamnya.

Saat ini Bahkan, gedung ini seolah menjadi ‘pemandangan buruk’ bagi warga China. Karena dibiarkan tak berpenghuni selama belasan tahun, gedung ini digosipkan angker.

Goldin Finance awalnya dibangun untuk menjadi pusat kawasan pemukiman mewah dan distrik Usaha di Tianjin. Pembangunan gedung menjadi bagian dari skema Goldin Metropolitan milik miliarder Pat Sutong.

Sekalipun demikian, tak lama setelah pertama dibangun, proyek pembangunan dihentikan pada 2010 karena Ketidakstabilan Ekonomi yang menghantam.

Pada tahun 2011, pembangunan dilanjutkan. Tapi tak lama dari sana, pemerintah China menghentikan pembangunan gedung tanpa batas waktu pada tahun 2018.

Kala itu, pemerintah melarang pembangunan gedung pencakar langit yang tingginya melebihi 1.640 kaki atau sekitar 500 meter. Larangan ini muncul atas alasan keselamatan.

Larangan ini Pada Akhirnya mendorong para arsitek untuk fokus menghidupkan kembali bangunan bergaya Kebiasaan China, alih-alih meniru Kebiasaan asing.

Sejak saat itu pula, bangunan tersebut ditawarkan untuk dijual. Sekalipun demikian, Sampai sekarang Saat ini Bahkan belum ada yang Sungguh-sungguh minat.

(asr/asr)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA