IDAI Pastikan Tak Ada Lonjakan Kasus Gagal Ginjal pada Anak


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yanuarso menegaskan tak ada laporan peningkatan kasus gagal ginjal pada anak.

Hal di atas disampaikan Piprim merespons ramainya isu tentang banyaknya anak yang menjalani terapi cuci darah di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Secara nasional tidak dilaporkan lonjakan kasus gagal ginjal yang signifikan sebagaimana tahun lalu ada kasus keracunan EG dan DEG [pada obat],” ujar Piprim dalam keterangan videonya, Kamis (26/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terapi cuci darah pada anak, lanjut Piprim, Sebelumnya biasa dilakukan sejak lama.

Meskipun demikian, tak semua terapi cuci darah pada anak dilakukan karena Pola Hidup. Menurut Piprim, ada banyak Dalang seorang anak Dianjurkan menjalani cuci darah.

Misalnya, kelainan bawaan pada ginjal dan saluran kemih yang Sebelumnya dialami anak sejak lahir. Ada Bahkan sindrom nefrotik yang memicu terjadinya gangguan pada ginjal.

Sebelumnya, media sosial ramai tentang pembahasan Kejadian Berkelas anak cuci darah di RSCM.

Dokter spesialis anak di RSCM Eka Laksmi Hidayati mengakui bahwa pihaknya membuka layanan cuci darah untuk anak. Ada sekitar 60 pasien yang menjalani terapi cuci darah di RSCM.

“Rata-rata usia 12 tahun ke atas. Jadi memang masuk kategori remaja,” ujar Eka dalam siaran langsung di akun Instagram ofisial RSCM, Kamis (25/7).

Senada dengan Piprim, Eka Bahkan memastikan Kejadian Berkelas anak cuci darah di RSCM tak terkait dengan peristiwa gagal ginjal akut akibat Medis sirup yang sempat ramai pada beberapa tahun lalu.

Eka Bahkan menjelaskan bahwa tak semua rumah sakit Menyajikan layanan cuci darah. Oleh karenanya, banyak pasien yang Akhirnya dirujuk ke RSCM Sampai sekarang terlihat melonjak.

“Banyak yang rujukan, karena memang tidak semua provinsi memiliki fasilitas ini [hemodialisa],” ujarnya.

(asr/asr)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA