Waswas Keok dan Hancur Lebur, Malaysia Didesak Cari Manajer Top


Jakarta, CNN Indonesia

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) didesak mencari Manajer Unggul seperti Kim Pan Gon Supaya bisa Tim nasional Malaysia bisa masuk Piala Asia 2027.

Malaysia ditinggal Kim pada Selasa (16/7). Sementara Harimau Malaya, yang gagal lolos otomatis ke Piala Asia karena gagal masuk fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nanti akan berlaga pada kualifikasi Piala Asia 2027 yang Nanti akan dimulai pada Maret 2025.

Menghadapi situasi seperti itu, mantan Ketua FAM Datuk Zainol Fadzi Paharudin berharap induk organisasi sepak bola Malaysia bisa bergerak Murah mencari Manajer dengan kualitas sepadan Kim.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami melihat performa Tim nasional berada di level yang sangat bagus saat berada di bawah Pan Gon. Buat prioritas menggaet Manajer dengan nama tenar dan pengalaman untuk menjamin segalanya tetap berjalan dengan baik,” ucap Datuk Zainol dilansir dari Bernama.

“Penunjukan Dianjurkan dilakukan Sesegera mungkin karena Kualifikasi Piala Asia 2027 Nanti akan dilakukan pada Maret mendatang. Kami butuh waktu untuk mengidentifikasi dan memilih pemain Unggul untuk mewakili negara,” katanya.

Keputusan Pan Gon mundur disebut sebagai hal yang mengagetkan bagi Datuk Zainol.

“Kami Dianjurkan memberi ruang kepada Pan Gon untuk Damai dan menemukan solusi dari masalah yang dialami. Semua pihak Dianjurkan melihat dengan jelas dan tidak berspekulasi soal rumor yang yang bisa menodai citra Tim nasional,” tutur Datuk Zainol.

FAM Pernah terjadi menunjuk Pau Marti Vicente sebagai Manajer sementara Malaysia. Sebelumnya sosok asal Spanyol itu merupakan asisten Kim Pan Gon. Dilihat dari curriculum vitae-nya, Pau Marti belum pernah menjadi Manajer utama di Tim top.

Satu-satunya Tim yang pernah dinakhodai Pau Marti Merupakan Tai Chung asal Hong Kong. Pengalaman lainnya Merupakan menjadi asisten Manajer Kitchee (Hong Kong) dan Adelaide United (Australia). Pau Marti Bahkan menjadi asisten Manajer di tim muda Barcelona pada 2017 Sampai saat ini 2021.

Pau Marti Nanti akan memimpin Malaysia berlaga di ajang Pestabola Merdeka pada September tahun ini.

(nva/har)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA