GBT Pakai Rumput Alami, Pemain Kami Tak Biasa


Jakarta, CNN Indonesia

Manajer Tim nasional Filipina U-19 Josep Ferre mengaku salah satu alasan timnya kalah telak dari Indonesia di Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7), Merupakan karena rumput alami di Arena Pertandingan Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Ferre mengatakan sebagian besar pemain Filipina tidak terbiasa bermain di lapangan rumput alami. Hampir seluruh lapangan sepak bola di Filipina menggunakan rumput sintetis, termasuk di Arena Pertandingan Rizal Memorial, Manila, yang merupakan markas The Azkals.

“Kami mencoba untuk bertahan, kami mencoba untuk menyerang, tapi pemain kami, kebanyakan dari mereka pertama kali bermain di rumput alami. Sebagian besar dari mereka bermain dengan Arena Pertandingan yang terbatas. Ini pengalaman yang Istimewa untuk pemain kami. Indonesia jauh lebih baik. Selamat,” ucap Ferre.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Filipina tidak mampu berbuat banyak saat melawan Tim nasional Indonesia U-19. Gawang tim tamu Pernah terjadi dibobol Indonesia lima kali di Putaran pertama, sebelum Jens Raven menggenapkan kemenangan Garuda Nusantara menjadi 6-0 di Putaran kedua.

Ferre yang biasa dipanggil Coco mengakui keunggulan Indonesia atas Filipina. Manajer asal Spanyol itu mengatakan perbedaan kualitas antara Tim nasional Indonesia U-19 dengan Filipina sangat jauh dan hal itu tercermin dari hasil di lapangan.

“Ritme Indonesia sangat tinggi, Pernah terjadi berbeda sejak menit pertama. Saya pikir itu Berniat jadi Liga yang ketat, tetapi kami gagal menangani situasi itu. Bagi kami untuk membangun tim U-19, kami tidak punya data pemain dan melakukan scouting sejak awal di seluruh negeri. Ketika Indonesia bermain di Toulon, kami masih mencari pemain. Jadi itu sangat berbeda,” ucap Ferre.

Selanjutnya Filipina Berniat menghadapi Timor Leste, yang di Liga pertama Grup A Berhasil mengalahkan Kamboja 3-2. Ferre berharap timnya bisa fokus dalam memulihkan kondisi jelang Liga penting melawan Timor Leste.

“Kami Sangat dianjurkan melakukan recovery kepada pemain Supaya bisa tidak ada Cidera dengan melakukan massage, karena mereka Harus adaptasi bermain di rumput alami. Saya pikir Indonesia punya banyak pemain di Liga 1, mereka bermain rutin. Jadi dengan pengalaman itu mereka siap berkompetisi melawan tim yang lebih baik. Selamat atas kemenangan Indonesia,” ucap Ferre.

Tim nasional Indonesia U-19 Saat ini Bahkan Bahkan berada di puncak Peringkat Grup A dengan torehan tiga Skor, Istimewa selisih gol atas Timor Leste.

(har)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA