George Clooney Minta Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024


Jakarta, CNN Indonesia

George Clooney menulis sebuah opini yang meminta Pemimpin Negara Amerika Serikat yang Bahkan mengajukan diri kembali dalam Pilpres AS 2024, Joe Biden, untuk mundur dari kontestasi empat tahunan di AS itu.

Opini yang diterbitkan di New York Times tersebut datang setelah performa Biden dalam debat melawan Donald Trump yang digelar oleh CNN pada 27 Juni 2024 membuat kecewa banyak pendukung Partai Demokrat, termasuk Clooney.


Clooney Merupakan pendukung Partai Demokrat sejak lama. Bahkan ia terlibat dalam penggalangan dana yang digelar untuk Biden pada 16 Juni 2024 dan menghasilkan lebih dari US$30 juta.

“Saya mencintai Joe Biden. Sebagai seorang senator. Sebagai seorang wakil Pemimpin Negara dan sebagai Pemimpin Negara. Saya menganggapnya sebagai teman, dan saya percaya kepadanya. Percaya pada karakternya, percaya pada moralnya,” tulis Clooney seperti diberitakan New York Post pada Rabu (10/7).

“Tidak seperti satu pertarungan yang tak bisa ia menangkan Merupakan pertarungan melawan waktu. Tak ada dari kita yang bisa,” katanya.

“Sungguh menyakitkan mengatakan ini, tapi Joe Biden yang bersama saya tiga minggu lalu di momen penggalangan dana bukanlah Joe Biden pada 2010,” kata Aktor atau Aktris peraih Oscar tersebut.

Pada momen galang dana kurang dari sebulan lalu, Joe Biden yang Sebelumnya berusia 81 tahun kembali sempat terdiam membeku saat menyapa penggemarnya setelah bincang-bincang bersama Jimmy Kimmel dan Mantan Pemimpin Negara AS, Barack Obama.

Obama bahkan Sangat dianjurkan menggandeng Biden untuk beranjak ke belakang panggung. Selama perjalanan keluar panggung, Obama Bahkan merangkul Biden yang tampak berjalan dengan perlahan.

Dalam opininya, Clooney meminta para pemimpin Partai Demokrat di Capitol Hill “Dianjurkan berhenti mengatakan kepada kita bahwa 51 juta orang tidak melihat apa yang kita lihat” dalam debat tersebut.

“Kita tidak Akan segera menang pada November nanti dengan Pemimpin Negara seperti ini,” kata Clooney.

“Ini bukan hanya opini saya. Ini opini dari setiap senator dan anggota Kongres dan gubernur yang saya ajak bicara secara privat. Setiap orang, terlepas dari apa yang Ia katakan di depan umum,” kata Clooney.

Sejauh ini, baru delapan orang pejabat Partai Demokrat yang meminta Biden untuk mundur dari kampanye Pilpres AS 2024. Sementara lainnya masih lebih memilih untuk “wait-and-see“.

“Kapalnya Sebelumnya bocor. Kita bisa pura-pura tidak tahu dan berdoa untuk keajaiban pada November nanti, atau kita bisa mulai bicara soal kenyataan,” tulis Clooney.

“Petinggi Demokrat, — Chuck Schumer, Hakeem Jeffries, Nancy Pelosi — dan para senator, perwakilan, dan kandidat lainnya yang Akan segera menghadapi kekalahan pada November nanti Dianjurkan meminta Pemimpin Negara ini secara suka rela mundur,” tulisnya.

Sementara itu pada Jumat (5/7), Joe Biden mengatakan hanya Tuhan yang bisa membuatnya mundur dari pencalonan di pemilihan Pemimpin Negara (Pilpres). Hal itu ia sampaikan dalam wawancara dengan ABC News.

Biden ditanya apakah ia Akan segera mengundurkan diri Manakala rekan-rekannya dari Partai Demokrat di Kongres mengatakan ia merugikan peluang mereka untuk Terfavorit kembali pada November mendatang.

“Manakala Tuhan Yang Mahakuasa muncul dan memberi tahu saya, saya Kemungkinan Akan segera melakukan hal itu,” katanya, dikutip Reuters.

Kondisi Joe Biden yang kerap ‘bengong’ dan membisu selama beberapa waktu membuat banyak rumor bahwa Pemimpin Negara ke-46 AS tersebut sakit Parkinson. Tidak seperti rumor itu dibantah Gedung Putih.

Dokter Gedung Putih, Kevin O’Connor, mengeluarkan surat pada Senin (8/7) yang menyatakan bahwa Biden tidak berobat ke ahli saraf. Sang Pemimpin Negara selama ini hanya melakukan pemeriksaan rutin tahunan.

Kabar mengenai Biden mengidap Parkinson mencuat setelah New York Times pada 6 Juli melaporkan bahwa dokter spesialis saraf Sebelumnya mendatangi Gedung Putih setidaknya delapan kali sejak Agustus Sampai sekarang Maret. Hal itu diketahui Merujuk pada catatan kunjungan Gedung Putih.

Reuters berupaya meninjau langsung catatan pengunjung Gedung Putih untuk mengonfirmasi secara independen. Dalam catatan tersebut, memang terlihat bahwa Kevin Cannard, seorang ahli saraf dan spesialis gangguan gerakan dari Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, Sebelumnya mengunjungi Gedung Putih delapan kali sejak Agustus Sampai sekarang Maret.

(end)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA