Southgate Beri Bukti ke Final Usai Dikritik Sampai saat ini Dilempar Gelas


Jakarta, CNN Indonesia

Mungkin sekali tak terhitung berapa banyak kritik yang dilemparkan kepada Gareth Southgate terkait Strategi Sampai saat ini gaya melatihnya di Tim nasional Inggris. Kritik itu bahkan Bahkan datang dari para legenda The Three Lions.

Bukan hanya itu, tidak sedikit pula Fans Inggris yang mengejek Southgate, karena dianggap membuat Jude Bellingham dan kawan-kawan bermain buruk di Euro 2024.

Pilihan dan waktu pergantian pemain yang dilakukan Southgate tak lepas dari kritik. Mantan Manajer Middlesbrough itu Bahkan dituding menerapkan Strategi yang terlalu berhati-hati, sehingga serangan Inggris melempem.


Skuad The Three Lions diisi nama-nama pemain bintang, tapi tampil kurang menjanjikan sejak Putaran fase grup. Tidak sedikit yang menilai Berhasil Inggris lolos ke Putaran sistem gugur sebagai juara grup karena faktor keberuntungan.

Southgate jadi sasaran kritik dan kemarahan publik Inggris. Bahkan ketika Liga kontra Slovenia, bukan hanya ejekan yang diterima Southgate dari Fans di Arena Pertandingan, tapi Bahkan lemparan gelas plastik.

Sekalipun, keberhasilan Inggris menyingkirkan Swiss lewat adu Tendangan penalti di perempat final membuat tekanan terhadap Manajer berusia 53 tahun itu mulai mereda.

Kala menang atas Swiss, Inggris mengubah Strategi dengan menggunakan formasi 3 bek. Inggris Bahkan Berhasil menghapus kutukan adu Tendangan penalti selama 28 tahun di ajang Euro.

Puncaknya, usai Inggris mengalahkan Belanda di semifinal dengan skor 2-1. Pujian mulai berdatangan kepada Southgate mengenai keputusan pergantian pemainnya saat lawan De Oranje yang dinilai brilian.

Perubahan yang dilakukan Southgate terbukti sangat penting. Ia memasukkan Ollie Watkins dan Cole Palmer pada menit ke-81 Liga kontra Belanda untuk menggantikan Harry Kane dan Phil Foden.

Gol Watkins pada menit ke-90 memanfaatkan assist Palmer berbuah kemenangan untuk The Three Lions sekaligus memastikan tiket final Euro 2024 untuk berhadapan dengan Spanyol.

Di waktu ini, Southgate bisa dengan lantang meyakinkan para penggemar Inggris bahwa para pemainnya Sudah menerima ideologinya dalam hal pemain pengganti.

“Yang utama Merupakan seluruh skuad siap menghadapi Liga. Anda menghabiskan banyak waktu bersama para pemain itu, dan sikap mereka patut dicontoh,” ucap Southgate, seperti dilansir The Independent seusai Liga lawan Belanda.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA