Bisnis  

Eco Agrotomation, Upaya Bukit Asam Berdayakan Masyarakat Sumsel


Jakarta, CNN Indonesia

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil Menyediakan dampak positif dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasional.

Melalui program Eco Agrotomation yang diinisiasi Bukit Asam, perekonomian masyarakat menjadi tumbuh sekaligus kelestarian lingkungan tetap terjaga.

Eco Agrotomation Merupakan program budidaya tanaman berbasis otomasi yang ramah lingkungan untuk Membantu program penghijauan dan reklamasi. Program Eco Agrotomation merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR).


Dilansir dari laman Bukit Asam, program ini Bahkan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah masyarakat sekitar sehingga Membantu konsep pangan lestari di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Berkat inovasi yang berdampak tersebut, program ini berhasil meraih penghargaan kategori Gold dalam ajang Usaha Indonesia Social Responsibility Awards (BISRA) 2024 di Jakarta pada Kamis (27/6).

Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Niko Chandra menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang Pernah diberikan.

“Kami merasa bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Tentunya apresiasi tersebut semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasi,” ujar Niko.

Salah satu penerapan program Eco Agrotomation ini Merupakan pemberdayaaan petani di Desa Tanjung Karangan dan Keban Agung, Muara Enim untuk melakukan pembibitan dengan memanfaatkan lahan tidak produktif.

PTBA bekerja sama dengan petani mulai dari penyediaan media tanam, bibit, Sampai saat ini budidaya tanaman. Pelatihan dan pendampingan secara berkala Bahkan diberikan PTBA kepada para petani.

Sistem otomasi Mempercepat budidaya tanaman. Terdapat dashboard monitor yang terhubung dengan ponsel sehingga memudahkan petani untuk memantau dan mengelola tanamannya. Penyiraman dan pemupukan dilakukan secara otomatis dengan takaran sesuai standar.

Sumber energi untuk otomasi ini pun berbasis energi terbarukan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tak hanya menurunkan emisi dari proses budidaya tanaman, otomasi berbasis energi terbarukan ini Bahkan menurunkan biaya operasional harian.

Tentang PT Bukit Asam Tbk

PT Bukit Asam Tbk merupakan salah satu kandidat yang dinominasikan dalam CNN Awards. Ajang penghargaan yang digelar CNN Indonesia ini Akan segera berlangsung pada Rabu (10/7) di Palembang, Sumatra Selatan.

CNN Indonesia Awards di Palembang ini merupakan ajang penghargaan ketiga. Sebelumnya, CNN Indonesia Awards pertama Pernah digelar di Makassar dan Bali.

Bukit Asam Merupakan perusahaan pertambangan milik negara (BUMN) yang Bahkan merupakan grup dari MIND ID. Misinya Merupakan Menyediakan kontribusi maksimal terhadap kelestarian lingkungan dan kehidupan Bumi yang lebih baik.

Visi Bukit Asam Merupakan menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. Sejalan dengan visi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan, Bukit Asam terus melakukan inovasi dalam Usaha energi berbasis batubara, energi terbarukan, dan proyek hilirisasi batubara.

Terdapat tiga bidang pengembangan Usaha Bukit Asam Didefinisikan sebagai generik penguatan dan pengembangan nilai Usaha melalui pengembangan operational excellence.

Lalu pembangkit listrik dengan Memperjelas portofolio Usaha energi baru dan terbarukan sebagai langkah mewujudkan visi menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Kemudian hilirisasi, dengan terus berinovasi dan berkomitmen penuh untuk mengolah dan menghasilkan hilirisasi produk batubara Supaya bisa memiliki nilai tambah yang lebih besar untuk menciptakan Usaha yang berkelanjutan.


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA