Duet Luthfi-Kaesang Putra Jokowi Bisa Menang Pilgub Jateng


Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia jelang Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2024 mencatat elektabilitas duet Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berada di posisi teratas.

Hal itu tertangkap dalam hasil survei simulasi tiga pasangan kandidat yang Berniat berkontestasi di Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2024.

Duet Luthfi-Kaesang putra Pemimpin Negara Joko Widodo dinilai bisa memenangkan Pilgub Jateng bila digelar Di waktu ini dengan posisi elektabilitas sebesar 41,1 persen mengungguli pasangan Taj Yasin Maimoen-Dico Ganinduto (28,8 persen), dan Bambang Pacul-Yusuf Chudlori dengan 13,7 persen.


Indikator Bahkan mensimulasikan dengan memasangkan Ahmad Luthfi dengan sosok lain. Hasilnya ia Setiap Waktu Terdepan.

Luthfi kembali Terdepan ketika dipasangkan dengan Abdul Wachid dengan raihan 36,2 persen. Disusul Taj Yasin-Dico (28,1 persen), dan Bambang Pacul-Yusuf Chudlori (14,1 persen).

“Pak Luthfi disimulasikan berpasangan sama Kaesang. Elektabilitas Pak Luthfi itu lebih tinggi kalau berpasangan sama Kaesang dibanding kalau Pak Luthfi berpasangan dengan Abdul Wachid,” kata Founder dan Peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya, Minggu (7/7).

Lalu, Indikator Bahkan mencoba memasangkan duet Luthfi-Dico. Hasilnya duet itu tetap Terdepan dengan 36,8 persen mengungguli duet Taj Yasin-Kaesang dengan 31,9 persen, dan Bambang Pacul-Yusuf Chudlori 13,9 persen.

Simulasi 2 Pasangan kandidat

Lalu Indikator Bahkan melakukan simulasi dua pasangan kandidat alias head to head. Duet Luthfi-Kaesang Bahkan Terdepan Bila disimulasikan melawan Bambang Pacul-Taj Yasin. Mereka memperoleh 48,5 persen, sedangkan Pacul-Taj di angka 31,5 persen.

Sekalipun, hasil survei ini menunjukkan dalam simulasi dua pasangan kandidat, Luthfi Berniat Terdepan jauh dari lawannya Bila ia berpasangan dengan Taj Yasin.

Dalam simulasi melawan Bambang Pacul-Yusuf Chudlori, duet itu meraup 59,1 persen. Sementara Pacul-Yusuf hanya 18,1 persen.

Lalu, mereka Bahkan meraup 64,4 persen dalam simulasi melawan Sudaryono-Yusuf dengan 10,0 persen. Kemudian, meraih 63,6 persen Bila disimulasikan menghadapi Sudaryono-Bambang Pacul yang meraup 13,9 persen.

Terakhir, duet Luthfi-Taj Yasin Bahkan meraup 63,7 persen dalam simulasi dua paslon melawan Sudaryono-Yusuf Chudlori (11,0 persen).

Adapun survei ini dilakukan pada 10-17 Juni 2024. Target populasi survei ini Merupakan WNI di Jateng yang berusia 17 tahun ke atas atau Sebelumnya menikah.

Survei ini melibatkan 800 responden dipilih melalui metode multistage random sampling dengan margin of error survei ini diperkirakan ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA