5 Persamaan Semifinal Euro dan Copa America


Jakarta, CNN Indonesia

Euro 2024 dan Copa America 2024 Berencana sama-sama menggelar Liga semifinal dalam beberapa hari lagi. Berikut lima persamaan semifinal Euro dan Copa America.

Dua ajang tingkat kontinental di Eropa dan Amerika yang berlangsung sejak bulan lalu Sebelumnya mencapai tahap akhir. Jumlah kontestan Pada saat ini mengerucut menjadi empat.

Fase empat besar di Euro 2024 dan Copa America 2024 diwarnai keberadaan negara-negara elite, serta pemain-pemain top.


Berikut lima persamaan semifinal Euro dan Copa America tahun ini:

1. Lolos Adu Tendangan penalti

Adu Tendangan penalti tak bisa dilepaskan menjadi faktor penentu pada Putaran gugur di Euro dan Copa America. Dua negara peserta Euro Dianjurkan menjalani adu Tendangan penalti demi meraih tiket ke semifinal.

Sedangkan di Copa America adu Tendangan penalti jadi Trik mayoritas semifinalis melaju dari Putaran perempat final. Argentina, Kanada, dan Uruguay melakoni Putaran tos-tosan, hanya Kolombia yang melaju berkat kemenangan dalam Duel 90 menit.

2. Negara dengan Peringkat FIFA Tertinggi

Negara dengan peringkat FIFA tertinggi di masing-masing konfederasi bisa bertahan Sampai sekarang semifinal. Di Euro 2024, terdapat Prancis yang menduduki posisi tertinggi di jajaran negara-negara UEFA. Saat ini Bahkan Bahkan tim Ayam Jantan menempati peringkat kedua dalam daftar FIFA atau yang teratas di Eropa.

Sementara Argentina yang memuncaki ranking FIFA, Sekaligus bercokol di urutan pertama Conmebol, Berencana berlaga di semifinal Copa America 2024 melawan Kanada.

3. Kiprah Tim Favorit

Kiprah tim favorit di Euro dan Copa America tahun ini sama-sama tak berjalan mulus semua. Jerman, Italia, Belgia, dan Portugal keok di Putaran-Putaran sebelumnya. Kendati demikian masih ada Prancis, Inggris, Belanda, dan Spanyol, yang Bahkan berstatus unggulan, Berencana berlaga di semifinal.

Di Copa America pun demikian. Meksiko dan Brasil yang diunggulkan dan masuk pot 1 pada saat pengundian fase grup, justru gagal masuk semifinal. Terlepas dari kegagalan tim-tim tersebut masih ada Argentina yang merupakan unggulan utama. Sementara Kolombia dan Uruguay yang ada di pot 2 Bahkan masuk semifinal. Satu tempat lagi dihuni Kanada sebagai tim kejutan.

4. Tak Ada Tuan Rumah 

Jerman dan Amerika Serikat sama-sama tak bisa mewujudkan ambisi menjadi juara di negeri sendiri. Langkah Jerman di Euro 2024 dihentikan Spanyol pada Putaran perempat final. AS lebih tragis karena tersisih di fase grup.

5. Top Skor

Liga semifinal Euro dan Copa America masih menyisakan pemimpin top skor. Di Euro terdapat Cody Gakpo yang Sebelumnya mengoleksi tiga gol. Pemain Belanda itu menjadi satu-satunya pemain di antara empat pencetak tiga gol di Euro 2024 yang bisa masuk semifinal. Gakpo pun berpeluang menjadi top skor meninggalkan Georges Mikautadze, Ivan Schranz, dan Jamal Musiala.

Sementara di Copa America, sang top skor tunggal Lautaro Martinez yang Sebelumnya mencetak empat gol bisa menegaskan kedigdayaan sebagai pemain tersubur.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA