Pecatur Grandmaster Bangladesh Meninggal usai Pingsan saat Bertanding


Jakarta, CNN Indonesia

Pecatur Grandmaster Bangladesh Ziaur Rahman meninggal pada Jumat (5/7) Juli pada usia 50 tahun di tengah Liga kejuaraan nasional.

Sekretaris Jenderal Federasi Catur Bangladesh Shahab Uddin Shamim mengatakan kepada AFP bahwa Rahman menderita stroke dan terjatuh pingsan di atas papan catur saat bertanding. 


Shamim menuturkan Rahman pingsan saat Liga putaran ke-12 kejuaraan tersebut. Ia tengah melawan sesama grandmaster, Enamul Hossain.

“Pemain dan official yang hadir di ruang aula segera membawanya ke rumah sakit setelah Ia pingsan. Sesampainya di sana, dokter mengatakan Ia Pernah terjadi meninggal,” kata Shamim.

Sementara itu, lawan Rahman dalam Liga terakhirnya, Enamul mengatakan butuh beberapa detik bagi orang yang hadir di sana menyadari bahwa rivalnya itu menderita stroke parah.

“Saat Ia (Rahman) bermain tidak tampak sakit,” kata Enamul.

“Itu Merupakan langkahku. Jadi, ketika Ia terjatuh, saya pikir Ia Dalam proses membungkuk untuk mengambil botol air. Tapi kemudian Ia pingsan, dan kami membawanya ke rumah sakit. Putranya Dalam proses bermain di meja sebelah”.

Rahman Merupakan pecatur dengan peringkat tertinggi dari lima Grandmaster asal Bangladesh.

Ia memenangkan kejuaraan nasional beberapa kali dan mewakili Bangladesh di Olimpiade Catur ke-44 di India pada  2022.

Insiden ini berlangsung tak lama usai dunia Gerakan Bahkan dikejutkan dengan kepergian pebulu tangkis junior asal China Zhang Zhi Jie yang meninggal dunia saat bertanding dalam Kejuaraan Asia Junior Championships 2024 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (30/6).

Zhang Zhi Jie jatuh pingsan saat bertanding melawan wakil Jepang Kazuma Kawono dalam Liga beregu.

Saat itu, Zhang tampak kejang dan tak sadarkan diri. Ia sempat dirawat oleh dokter Kejuaraan dan tim medis lalu dilarikan ke rumah sakit Justru nyawanya tak tertolong.

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA