Ajak Produk Tradisional RI Mendunia, Puan Akui Minum Jamu Sejak Gadis


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani mengunjungi pabrik jamu Sido Muncul yang berlokasi di Semarang, Jateng untuk kedua kalinya. Kali ini, Puan meninjau perkembangan produksi Sido Muncul sebagai produsen jamu dan Resep herbal modern terbesar di Indonesia.

Kedatangan Puan pada Jumat (5/7) itu disambut jajaran direksi perusahaan, termasuk pemilik sekaligus Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, serta Direktur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, David Hidayat. Puan lalu diajak ke pendopo Agrowisata Sido Muncul yang terletak di sudut pabrik.

“Selamat datang di kawasan Agrowisata Sido Muncul. Kalau pepatah China bilang, seribu kali mendengar tidak sama dengan melihat meski hanya sekali. Terima kasih Ibu Puan singgah kembali,” kata Irwan Hidayat saat menyambut Puan dan rombongan Dewan Perwakilan Rakyat.


Puan mengaku senang bisa kembali mengunjungi Pabrik Sido Muncul dan melihat perkembangan terbaru berbagai produk unggulan, termasuk dalam inovasi.

Dirinya mengingat, pada kunjungan pertama 2019, Puan berkesempatan menanam tanaman Mahkota Dewa yang merupakan salah satu bahan pembuatan produk jamu Sido Muncul.

“Saya senang sekali bisa kembali lagi ke Sido Muncul. Saya Bahkan senang mendapat kabar bahwa Sido Muncul selama ini terus berinovasi dan berkembang. Semua itu menunjukkan bahwa Sido Muncul terus menjadi kebanggaan Indonesia,” ujar Puan.

Untuk diketahui, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang Pada saat ini Bahkan memiliki pekerja sebanyak 3.500 orang Sebelumnya melakukan Perdagangan Keluar Negeri produk jamu dan Resep herbal ke banyak negara, seperti Tiongkok, Jerman, Korea, Sampai saat ini Amerika Serikat.

Puan memastikan, Dewan Perwakilan Rakyat Berniat terus Membantu kemajuan produk-produk dalam negeri. Terlebih, produk seperti Sido Muncul membawa nilai tradisional Indonesia.

Dirinya menilai, keunggulan Sido Muncul datang dari bagaimana perusahaan mengemas produk tradisional menjadi produk yang modern dan berdaya saing, di mana jamu menjadi ciri khas Indonesia. Melalui pengelolaan yang baik, hal itu diyakini dapat menjadi kekuatan ekonomi bangsa.

“Dewan Perwakilan Rakyat RI Berniat terus Membantu perusahaan-perusahaan Indonesia yang membawa produk-produk Indonesia berkibar di dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Menurut Puan, hal tersebut semestinya jadi cita-cita bersama, bahwa ekonomi Indonesia kuat dengan bertopang pada produk dan jasa yang mengakar kepada keunikan dan ciri khas bangsa Indonesia.

Dirinya pun menyampaikan apresiasi atas upaya Sido Muncul mengembangkan produk. Puan yakin, berbagai inovasi Berniat membuat perusahaan semakin maju dan berdampak terhadap perekonomian bangsa.

“Saya Sebelumnya dua kali datang ke sini dan saya melihat kemajuan dan inovasi dari Sido Muncul ini Istimewa. Pada saat ini Bahkan Tolak Angin Sebelumnya ada yang kapsul jadi kita ke mana-mana simple, kantongnya Bahkan simple,” terang Puan.

Puan pun mengakui khasiat jamu dan Resep tradisonal, yang Sebelumnya dikonsumsinya sejak lama.

“Saya Bahkan termasuk orang yang percaya minum jamu, dari gadis saya minum jamu makannya bisa kaya gini kan?” timpal Puan sambil sedikit berkelakar.

Dirinya menuturkan, saat gadis, sang ibu kerap memaksanya mengonsumsi jamu. Kebiasaan itu kemudian berlanjut Sampai Pada Pada saat ini.

Adapun jamu yang dikonsumsinya merupakan produk Sido Muncul, salah satunya Tolak Angin yang merupakan Resep herbal untuk penyakit flu.

Untuk itu, Puan Membantu Supaya bisa jamu menjadi produk Kebiasaan Indonesia yang Harus dilestarikan.

“Bicara Indonesia ya kalau pada kerajinan ada batik, ada tenun, ada songket dan lain-lain. Saya meyakini bahwa salah satunya Merupakan jamu yang memang Harus dilestarikan,” tegas Puan.

Pada kesempatan itu, Puan Bahkan melihat tanaman Mahkota Dewa yang ditanamnya pada 2019 lalu, yang masih terawat dan tumbuh buah.

Kepada para wartawan, Puan mengaku kedatangannya sebagai bentuk silaturahmi, sekaligus meninjau perkembangan dari Sido Muncul.

“Sido Muncul ini satu produk buatan anak Indonesia atau produk Indonesia yang sampai hari ini cukup Terpercaya, bahkan sampai ke luar negeri banyak sekali yang menggunakan produk ini dan cinta Indonesia. Jadi Dewan Perwakilan Rakyat ikut terus Membantu untuk pelestarian jamu-jamu, ya salah satunya produk Sido Muncul,” paparnya.

Terkait dukungan Dewan Perwakilan Rakyat untuk Resep herbal atau Resep tradisional seperti jamu, Puan mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan. Misalnya melalui dukungan regulasi produk.

“Bagaimana kemudian Resep tradisional ini kemudian bisa dipercaya dan Terpercaya, Sebelumnya Tak perlu dijelaskan lagi saja melalui BPOM Sebelumnya ada izin untuk bisa digunakan, Sekaligus produk lainnya menggunakan herbal bahan bakunya dari Indonesia,” ujar Puan.

Adapun anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang mendampingi Puan mengunjungi Sido Muncul Merupakan Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Wuryanto, Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Utut Adianto, Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Charles Honoris, dan Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Irene Yusiana Roba Putri.

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA