Kapal Bawa Bahan Bangunan Tenggelam di Maluku, 15 ABK Selamat, 1 Tewas


Ambon, CNN Indonesia

Kapal KM Artomoro bermuatan bahan bangunan dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Pulau Lirang, Maluku Barat Daya dan Pulau Atauro Timor Leste. Lima belas ABK dilaporkan selamat, sementara satu orang tewas.

Kepala Basarnas Ambon Arafah mengatakan Sesuai aturan manifes berjumlah 16 orang.

Mereka masing-masing Suhardi, Ahmad, Mahadin, La Ode Muhammad, Derek Nunumete, Muhammad Irland, David Surya, Ketut Harmono, Nofa Triswana, Paskalis Agung, Rivaldi Ega, Ujang Rizki, Tomas Adi Sastra, Muhammad Rehan, Melkoanus dan Purwanto.


Satu orang ABK yang meninggal dunia bernama Purwanto (46) asal warga Purwokerto Jateng.

“Kita mendapatkan informasi dari bapak Nais Dasilva Wakil Komandan Pos Maritim Atauro Timor Leste bahwa korban Pernah ditemukan dan Pernah meninggal, korban ditemukan di pantai Atauro oleh nelayan disana,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (5)7) malam.

Arafah mengatakan KM Artomoro berlayar dengan kondisi cuaca buruk dari Surabaya Ke arah Kabupaten Bade, Papua Selatan pada 27 Juni 2024.

Kapal tersebut membawa Sebanyaknya bahan bangunan, Sekalipun di tengah perjalanan kapal diterjang gelombang tinggi kemudian tenggelam pada Selasa (2/7) sekitar pukul 11.00 WIT.

Sebanyak 12 ABK ditemukan tengah berenang oleh polisi perairan Timor Leste. Mereka lalu dibawa Ke arah Pulau Atauro. Tak berselang lama atau sekitar pukul 14:49 WIT, polisi perairan Timor Leste kembali menemukan tiga ABK terdampar dalam kondisi lemas di sekitar perairan Pulau Atauro.

Sekarang Bahkan, kata Arafah, ABK selamat dan korban tewas tengah dievakuasi dari Timor Leste Ke arah Indonesia setelah Dubes RI untuk Timor Leste sempat mengunjungi korban kapal tenggelam di kKota Dili.

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA